PANDANGAN MASYARAKAT TENTANG BISNIS MLM

Multi Level Marketing atau MLM belakangan ini memang banyak dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mencari penghasilan tambahan. Apakah anda salah satunya? Intip kiat ini untuk panduan Anda berbisnis!

Banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkan waktu luangnya di rumah untuk berbisnis MLM. Bahkan ada lho, yang menjadikan bisnis MLM sebagai penghasilan utamanya. Namun, semua itu bisa terjadi jika sudah sukses pada level tertentu dari jaringan MLM yang diikuti.


Sebenarnya MLM itu apa sih? MLM adalah sebuah bisnis pemasaran atas suatu produk yang dilakukan melalui banyak tingkatan atau level, yang sering disebut dengan up-line (tingkat atas) dan down-line (tingkat bawah). Gampangnya sih, sistem pemasaran dan penjualan atas suatu produk dengan menggunakan sistem jaringan atau networking. Up-line diharuskan untuk mencari down-line sebanyak-banyaknya agar mendapatkan bonus yang berlipat.

Di Indonesia, bisnis MLM makin berkembang dengan pesat dari tahun ke tahun yang menunjukkan bisnis ini mempunyai prospek yang cukup cerah di Indonesia. Alasannya, makin berkembangnya naluri wirausaha saat ini membuat orang berlomba-lomba bekerja keras untuk masa depan yang lebih baik. Kemudian budaya persahabatan dan networking di Indonesia memungkinkan bisnis MLM yang tumbuh dari jaringan dapat berkembang pesat. Faktor pendukung lain di tengah jumlah pengangguran di Indonesia yang semakin membengkak, bisnis MLM ini bisa menjadi solusi karena mampu menciptakan kesempatan kerja yang luas.

Uniknya, bisnis MLM tidak seperti bisnis lainnya yang membutuhkan modal yang besar dan kemampuan yang tinggi. Setiap orang dari latar belakang apa pun dapat menjalankan bisnis ini. Karena suatu manajemen yang mengelola MLM biasanya akan memberikan tambahan pengetahuan bagi anggotanya, baik itu berupa seminar, maupun pelatihan langsung mengenai teknik-teknik pemasaran untuk menjalankan bisnis tersebut.
 

Bisnis berbasis "Multilevel Marketing" (MLM) atau sistem penjualan langsung pada 2012 ini masih terlihat cerah dan tetap menawarkan keuntungan jika digarap dengan serius.
Menurut Lintang Kirana Sari, konsultan kecantikan Oriflame Indonesia, sampai saat ini bisnis MLM masih dianggap "miring" oleh sebagian kalangan karena dianggap yang bergabung terlebih dahulu banyak diuntungkan. Namun, Lintang menepis anggapan yang berkembang di masyarakat tersebut. "Padahal, kesempatannya sama. Bisa saja yang baru bergabung bonusnya lebih besar dari yang senior. Tergantung kerja atau 'nggak', ini bedanya dengan 'money game'," papar Lintang.
Ibu dari tiga putra ini bergabung dengan bisnis MLM berbasis jaringan ini sejak 2009. Awalnya sempat tidak aktif, namun setelah melihat bonus yang diterima teman yang dulu mengajaknya cukup besar, akhirnya Lintang kembali bersemangat. "Saya sadar, ini bisnis serius," kata dia.
Lintang berpendapat bisnis MLM pada dasarnya sama dengan pemasaran produk biasa. Bedanya, karena pemasaran MLM langsung ke konsumen jadi tidak ada biaya yang dibebankan.
"Seberapa banyak penjualan yang kita capai, sebanyak itulah komisi yang masuk ke rekening kita," ujarnya.
Meski enggan menyebutkan berapa komisi yang telah diraihnya, Lintang mencontohkan rekannya yang baru tiga tahun menekuni bisnis MLM ini sudah menuai komisi hingga Rp 20 juta per bulan, dan itu belum termasuk bonus yang lain.
"Alhamdulillah, yang saya dapat melebihi gaji waktu kerja dulu. Buat kami sebagai ibu rumah tangga lebih dari cukup,? ungkap Lintang. Yang membuat Lintang makin bersemangat, bisnis yang dijalaninya ini bisa diwariskan tanpa harus mengulang level dari awal.
Untuk itu, ia memberikan kiat sukses dalam berbisnis MLM, yaitu kerja keras dan selalu memandang calon pembeli atau anggota baru memiliki potensi yang sama, yaitu tidak didasarkan pada latar belakang pendidikan dan ekonominya.
Saat ini jumlah perusahaan berbasis MLM di Indonesia mencapai 300 perusahaan, dan yang telah memiliki Surat Izin Penjualan Langsung (SIUPL) sampai akhir tahun 2011 sekitar 120 perusahaan.
Berdasarkan data Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), pada 2009 omzet bisnis MLM mencapai Rp 7,6 triliun atau mengalami pertumbuhan 5-10 persen per tahun.

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa bisnis MLM itu Haram ??Kenapa??karena apa yang orang-orang kenal selama ini adalah bisnis online yang mungkin sudah mematikan bisnis MLM Murni..yaitu bisnis online yang berkedok MLM Murni tapi sebenarnya Money Game...disinilah orang menilai..kenapa Bisnis MLM itu Haram...??karena menggunakan sistem Piramide atau istilahnya Arisan Berantai..dan satu hal yang mungkin kurang masuk akal dan jarang kita pelajari dan pahami adalah isi dan sistem dari bisnis itu sendiri...yang menjadi penyakit para pebisnis online pada umumnya adalah mereka hanya membacanya saja tapi tidak dipahami terlebih dahulu isi dari bisnis itu sendiri...kadang mereka hanya tertarik dengan iming-iming yang ditawarkan..yang bagi saya kurang masuk akal...??sebagai contoh : kita mengikuti bisnis di situs A..dengan modal 100ribu...kita sudah mendapatkan suatu web..tanpa membeli Domain, hosting ataupun yang lainnya..tanpa ada produk yang kita dapat...yang sebelumnya kita sudah diberi iming2...seperti hasil yang melimpah,tidak mencari downline..atau apalah...tapi kalau kita cermati..kalaupun tidak mencari downline..kenapa kita repot2 promosikan web kita??benar atau tidak...kalau kita tidak mencari downline mending kita duduk, diam dapat uang..??enak banget....mau donk seperti itu...hehehe..

jadi sebelum kita bergabung untuk menjadi member dalam sustu bisnis online..kita cermati ...kita pelajari dulu..secara detail..agar kita tidak terjebak dalam bisnis online yang membodohi kita....

sedikit informasi dari fatwa MUI tentang haram tidaknya Bisnis MLM..

Tak Semua MLM Haram
"Tidak semua jenis MLM itu haram".
"Selama memenuhi praktek jual beli, tidak apa-apa. Tergantung dari jenisnya". Ujar Wakil Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam

Menurut MUI, jenis bisnis MLM yang tidak diperbolehkan antara lain,
-Mengandung unsur gharar atau ketidakjelasan.
-Mengandung unsur perjudian
-Mendorong orang untuk memaksa ikut atau bergabung.
-Dan ketidakjelasan barang atau produk yang dipasarkan, semuanya hanya untuk permainan uang.

Sedangkan bisnis MLM selama mengandung prinsip jual beli, yaitu suka sama suka, rela sama rela dan ada kejelasan barang maka diperbolehkan.

Cermati dan Pelajari dulu sebelum terjun dalam dunia bisnis MLM...
jangan hanya karena iming2 yang besar agan tertipu secara materi...kenali Bisnis tersebut..perusahaanya..legalitasnya...serta mutu dari barang yang diperjualbelikan..

Saya pribadi tidak akan memberikan janji2 ataupun hasil yang ga masuk akal..tapi saya bekerja untuk mencapai hasil yang maksimal...

kalau kita serius...pasti kita akan mendapatkan hasil yang maksimal..

Sumber : forum.kompas.com dan antara

4 thoughts on “PANDANGAN MASYARAKAT TENTANG BISNIS MLM

  1. misi misi gan mau kasih info tentang bisinis tiket yang prospektif sekalee :)
    silahkan chek buat agan agan semua.
    www.kiostiket.com

    BalasHapus
  2. 4life research dg produk tanpa saingan, Molekul transferfactor, ingin tau detil yang menyembuhkan kelumpuhan fisik saya dan penyempitan pembuluh dompet hub Arief 081230054429 / BBM 24E5BABF

    BalasHapus
  3. 4life research dg produk tanpa saingan, Molekul transferfactor, ingin tau detil yang menyembuhkan kelumpuhan fisik saya dan penyempitan pembuluh dompet hub Arief 081230054429 / BBM 24E5BABF

    BalasHapus
  4. Bisnis MLM yang lagi booming saat ini dan sudah tersebar di 40 negara dan 5 benua dengan produk yang sangat dibutuhkan banyak orang mulai usia muda, dewasa, tua, anak-anak, laki-laki, perempuan, produk dengan kualitas yang sangat tinggi standart GMP, FDA, dan sudah terdaftar di APLI, BPOM serta MUI, untuk legalitasnya jelas sekali tidak perlu diragukan lagi, menjalankannya juga sangat simple bisa dikerjakan online dan offline dengan income antara 1jt s/d 16jt per minggu, 150jt per bulan, 500jt per bulan atau 1 milyar per bulan, tinggal pilih mau yang mana... untuk info lebih lanjut silahkan klik http://fkcbooming.blogspot.co.id/

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Paloma Shopway, belanja bikin kaya, diskon seumur hidup.